Friday, June 5, 2009

Ketika Si Bulan Datang........

Banyak keluhan kalo si bulan datang???
yah....wajar sekali kalo kita perempuan banyak mengeluh waktu datang bulan tiba mulai dari pegal-pegal, kram perut, dan punggung yang berat serasa d tumbuki be kilo2 beban.tak hanya itu sebagian perempuan juga ada yang mengeluhkan sakit kepala, diare, sembelit, mual bahkan pingsan biasanya ini terjadi di hari pertama dan kedua saat kedatangan tamu bulanan.
masalah itu muncul karena adanya kontraksi rahim yang berusaha mengeluarkan "benda" yang tidak diperlukan. juga ketika leher rahim menjadi jalan keluar bagi gumpalan darah.

Masalah lain timbul biasanya keluar darah secara berlebihan atau dysmenorrhea, menorrhagia, dan amenorrhea. ini biasanya disebabkan pola makan atau gaya hidup yang salah serta kelelahan.
meskipun banyak obat yang ditawarkan untuk meredakan sakit namun sebaiknya dilakukan secara alami. salah satu yang paling penting adalah dengan memperbaiki pola makan sayur dan buah harus mendominasi menu makan sehari-hari.


Tips Menghadang Sakit.
Yang harus dihindari:
Produk makanan dari tepung putih seperti roti, gula buatan, kue-kue, permen , daging, makanan berminyak, makanan kaleng, teh pahit, kopi, minuman mengandung kafein, acar, rempah-rempah dan saus. perempuan perokok atau yang suka minum-minuman keras sebaiknya menghentikan kebiasaan yang juga menyebabkan menstruasi tidak teratur.

Vitamin yang diperlukan:
Zinc, kalsium, dan vitamin B yang diperoleh dari makanan dan suplemen. vitamin B terbukti mengurangi kram perut, perut terasa penuh ( sebah) dan keluhan lain saat menstruasi.

Lakukan hidroterapi:
Berendam air hangat yang dibubuhi aromaterapi bisa mengurangi rasa sakit. atau letakkan penghangat pada perut bagian bawahdan punggung.

Obat lain:
beberapa obat tradisional terbukti berhasil mengurangi penderitaan saat datang bulan. salah satunya adalah bunga pisang (ontong) itu ternyata mengandung zat yang meningkatkan hormon progesteron dan mengurangi pendarahan
  • Jus bit, jahe dan wijen untuk mengatasi menstruasi yang tidak teratur.
  • Biji ketumbar untuk mengatasi pendarahan yang berlebihan.
  • Jahe agar menstruasi teratur.
Gerak badan sederhana:
  • Berolahraga secara rutin akan memperlancar peredaran darah. ini berimbas pada berkurangnya rasa sakit
  • Berbaring dengan posisi kaki lebih tinggi.
  • Berbaring miring dengan ditekuk hingga mencapai dada. ini untuk mengurangi tekanan pada punggung.

No comments:

Post a Comment